Tips kehabisan bahan bakar untuk Yamaha Jupiter Z

Rekan-rekan... kondisi motor yang sudah tidak terawat dimana indikator bahan bakar tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya, ternyata bisa mendatangkan masalah yang bisa membuat panik. Melintasi jalanan sepi yang jauh dari pemukiman warga, tidak ada yang menjual bahan bakar ketengan apa lagi SPBU alias POM bensin... tiba-tiba laju motor tersendat-sendat lantaran tangki motor sudah kosong. Trus... bagaimana solusinya? Berikut ini kita bahas tips mengatasi kehabisan bahan bakar untuk pengguna Yamaha Jupiter Z.


Khusus untuk motor Yamaha Jupiter Z, saat tangki sudah kosong dan bahan bakar sudah tidak mengalir lagi ke karburator... sebenarnya masih ada sisa bahan bakar walau hanya beberapa mili liter. Tapi lumayan membantu dari pada harus dorong motor sampai mendapatkan bantuan. Dengan modal kaleng minuman bekas dan memanfaatkan slang bahan bakar dari vakum menuju karburator, masalah kehabisan bahan bakar masih bisa diatasi.

Untuk Yamaha Jupiter Z, posisi slang bahan bakar berada dibagian kiri motor dan dengan mudah bisa dicopot lalu digunakan untuk menyedot bahan bakar yang masih tersisa dan dimasukkan ke dalam botol. Tutup botol dilubangi sebesar slang dan usahakan ukuran pas sehingga tidak ada kebocoran. Lalu posisikan "tangki darurat" seperti yang ada pada gambar diatas agar bahan bakar mengalir kembali ke karburator. Nah, agar bahan bakar mengalir lancar, pantat botol dilubangi agar tidak terjadi kevakuman yang membuat bahan bakar tidak bisa turun. Beres dech... (^_^)

Biasanya sisa bahan bakar yang dimanfaatkan untuk tangki darurat dari botol minuman bekas bisa menempuh jarak beberapa kilo, yaa... setidaknya bisa mengantarkan untuk sampai ke tempat penjual bahan bakar terdekat tanpa harus mendorong motor. Tips kehabisan bahan bakar untuk Yamaha Jupiter Z ini, mungkin bisa juga diterapkan untuk sepeda motor lainnya... kali ini berdasarkan pengalaman pribadi, saat kehabisan bahan bakar yang jauh dari keramaian dan sulit mendapatkan bantuan.

Sekian rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita. Jangan panik saat menemui kejadian serupa... masih ada solusinya, hehe (^_^)