Kembalikan warna bohlam sein ke aslinya

Rekan-rekan Motor Expose... modifikasi kecil sepertinya bikin gatal dan selalu saja menarik untuk dilakoni, bahkan bohlam sein yang seharusnya berwarna kuning diganti dengan warna lain sesuka hati. Bohlam yang sejatinya memberi sinyal kepada pengendara lain, seharusnya tidak diutak-atik lagi untuk beberapa alasan berikut ini.


Pertimbangan untuk tetap menggunakan bohlam sein dengan warna aslinya lantaran umumnya pengendara lain sudah terbiasanya dengan warna yang sama sebagai sinyal saat mereka membuntuti pengendara didepan mau pun yang berlawanan arah. Dan warna kuning menjadi warna yang mudah mereka tangkap tanpa harus mikir terlalu lama... lagi-lagi memang lantaran umumnya bohlam penanda saat belokan ini memiliki warna kuning. Saat diganti dengan warna lain, daya tangkap pengendara lain menjadi sedikit lambat dicerna otak.

Disamping itu, warna kuning lebih mudah ditangkap mata dibandingkan warna lain. Yup, seperti yang kali ini ditemui di bengkel... Honda Beat milik konsumen yang berwarna hijau membuat pengendara lain merasa aneh lantaran memang asing saat kedipan dari lampu sein tidak dengan warna yang umum ditemui. Jangankan orang lain, si empunya motor saja merasa kurang nyaman saat melihat warna yang dihasilkan dari bohlam sein.

Alhasil, tindakan mengembalikan warna bohlam sein ke aslinya segera saja dilakukan disamping berpengaruh terhadap keselamatan. Bagi rekan-rekan yang sudah terlanjur mengganti dengan warna lain... tidak ada salahnya mengikuti, disisi lain warna bohlam sein yang tidak semestinya bisa menjadi pelanggaran terhadap peraturan lalu lintas yang berbuntut tilang. Dari pada dapat masalah... mending diganti lagi, kembalikan ke warna asli (^_^)