Posisi saringan oli Honda Beat FI

Lanjut rekan-rekan... ganti oli mesin sendiri boleh-boleh saja dilakukan asalkan tahu cara dan trik dalam melakoni nya. Persiapan sederhana seperti perkakas dan bejana untuk menampung oli bekas mutlak disediakan. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah membersihkan saringan oli, apa lagi untuk motor yang baru pindah tangan alias motor second. Trus... dimana posisi saringan oli Honda Beat FI dan seperti apa bentuknya?


Saringan oli terdapat pada bagian kiri motor seperti gambar diatas, untuk mendapatkan nya cukup sediakan kunci 17 ring atau kunci sok. Sebaiknya hindari menggunakan kunci pas lantaran tidak mendekap dengan sempurna dan bisa berujung lecet. Pada saat membuka pastikan arah putaran berlawanan dengan jarum, sebaliknya saat memasang nanti tutup saringan oli diputar searah dengan jarum jam... tapi jangan kebablasan lantaran bisa retak mau pun pecah.

Lho... memang bisa? Berdasarkan pengalaman yang pernah ditemui di bengkel, tutup saringan oli bisa pecah, retak dan patah disebabkan terlalu kencang saat mengunci kembali. Jadi... gunakan perasaan dan jangan gunakan tenaga super hero, hehe... (^_^)

Setelah tutup saringan oli berhasil dilepas, saringan yang terbuat dari kawat dan bukan tipe saringan oli kertas akan bisa dikeluarkan bersamaan dengan per penekan. Apa bila terdapat kotoran pada saringan oli, sedikit bantuan angin bertekanan tinggi dari kompresor sudah cukup untuk membuat nya terbebas dari kotoran yang tersaring. Langkah lain bisa ditempuh dengan membersihkan saringan menggunakan kuas dan sedikit bensin... lalu ditiup pake mulut agar bersihnya terasa sempurna, hehe... (^_^)

Sedikit catatan, saat pemasangan kembali... saringan oli posisinya sebelah dalam, dan per alias pegas penekan... menekan bibir karet saringan agar mendekap sempurna. Intinya... pemasangan saringan oli jangan terbalik karena fungsinya untuk menyaring kotoran tidak tercapai. Jika kurang paham... silahkan perhatikan dengan seksama saat hendak memasang kembali, dijamin bakal ngangguk-ngangguk lantaran sudah mengerti cara kerjanya. Walah... jadi sok ngajari, wkwkwk (^_^)

Sekian rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama.