Reparasi ram dan bemper Honda CRV setelah tabrakan

Lagi-lagi nasib naas tidak bisa dihindari sewaktu sedang berkendara di jalan raya. Meski sudah ekstra hati-hati jika sedang apes ada-ada saja yang terjadi. Seperti yang dialami seorang bapak yang datang ke bengkel untuk reparasi ram dan bemper Honda CRV nya setelah tabrakan. Lho... bukan part motor melainkan mobil, pindah haluan nih?


Ah... nggak juga, rekan-rekan Motor Expose. Rujukan datang ke bengkel lantaran si empunya mobil mendapat rekomendasi dari rekan yang pernah mampir ke bengkel untuk memperbaiki body cover motornya yang pecah. Kali ini, prinsipnya sama saja. Part Honda CRV yang bakal diperbaiki yaitu ram dan bamper yang terbuat dari plastik ABS dan PP.

Alkisah... ram dan bemper rusak lantaran tabrakan dengan sepeda motor. Mobil yang sedang berjalan dengan kecepatan sedang, tiba-tiba tabrakan dengan motor yang melaju kencang dari arah depan. Motor tersangkut di bemper sementara pengendara sepeda motor terpental... masih syukur tidak ada korban jiwa. Setelah semua urusan pengobatan dan juga proses dengan kepolisian selama beberapa hari, si empunya akhirnya bisa bernafas lega lantaran tidak bersalah dan bisa memperbaiki bagian mobilnya yang rusak.

Lantaran tinggal didaerah dan mendapatkan part pengganti lumayan sulit dan membutuhkan waktu untuk pemesanan, si empunya Honda CRV memutuskan untuk mengakali sementara agar tampilan mobilnya tidak mengundang seribu tanya dari orang lain setiap kali parkir. Lagian... sepertinya si bapak sepertinya terlihat sedikit trauma setelah kejadian dan ingin melupakan tabrakan yang terjadi persis didepan matanya.

Lanjut ke tahap pengerjaan, untuk mengembalikan ke kondisi semula lumayan sulit. Berbekal peralatan sederhana yang biasa digunakan saat reparasi body cover motor yang pecah, ram dan bemper Honda CRV diperbaiki sampai bisa mendekati keadaan yang baik. Pada bagian yang terbuat dari plastik ABS, proses perbaikan berjalan dengan lancar. Namun pada part yang terbuat dari plastik PP, kelenturan plastik membuat perbaikan yang menempuh cara dipanaskan dengan solder yang dibakar mengalami sedikit kendala.

Setelah beberapa tahap pengerjaan, akhirnya ram dan bemper Honda CRV berhasil dikembalikan pada kondisi yang baik dan sudah dipasang kembali meski tidak sampai pada tahap pengecatan. Bukannya tidak bisa, tapi permintaan dari si empunya mobil yang sudah mengantarkan mobilnya ke bengkel pengecatan mobil agar hasil pengecatan bemper bisa serasi dengan bagian lain yang kebetulan juga akan dicat ulang.

Sip... yang penting, tantangan untuk mengerjakan pekerjaan bisa diatasi dengan berbekal ilmu sederhana dalam memperbaiki body cover motor yang pecah dan peralatan sederhana. Sekian rekan-rekan... semoga menginspirasi dan bisa menjadi referensi kita bersama.