Airbrush Minimalis Bak Kopling Yamaha RX King

Rekan-rekan Motor Expose, pengecatan ulang bak kopling Yamaha RX King kali ini mengusung tema airbrush minimalis agar cepat selesai dan bisa dipasang kembali. Bak magnet yang terletak pada bagian kiri serta head silinder juga mendapat sentuhan yang sama agar serasi. Kombinasi dua warna diterapkan sehingga nuansa sunset bisa didapat. Bagaimana prosesnya? Yuk... kita bahas sampai tuntas.


Proses diawali dengan mengamplas bagian yang akan dicat ulang. Seperti biasa, lapisan epoxy filler menjadi cat dasar agar cat bisa melekat kuat dan dikeringkan selama beberapa jam sesuai dengan petunjuk yang ada di kemasan kaleng.

Proses pengecatan dilanjutkan dengan memberi warna putih terlebih dahulu agar warna kuning yang akan dikombinasikan dengan merah bisa tampil lebih cerah. Pemasangan isolasi kertas untuk membuat motif meruncing dan acak, dilakukan setelah lapisan cat kuning kering sempurna.

Cat kuning yang sudah dipasang potongan kertas isolasi disemprot dengan cat merah pada bagian tertentu saja, sengaja tidak merata agar memberi kesan lebih abstrak. Setelah cat kering, isolasi kertas pun dilepas dan lanjut ke tahap akhir yaitu melapisi dengan clear coat untuk memberikan perlindungan anti gores dan kilap yang lebih baik.

Proses pengeringan secara alami yang membutuhkan waktu agak lama, memaksa untuk menunda pemasangan esok hari agar hasil pengecatan tidak rusak. Bahan cat yang mudah didapat dengan harga yang relatif murah serta proses yang mudah, sepertinya bisa saja dilakukan bagi rekan-rekan yang berminat. Sedikit catatan, pastikan bagian yang akan dicat ulang terbebas dari oli, minyak mau pun debu agar hasil pengecatan bisa maksimal dan memuaskan.

Sekian rekan--rekan, semoga menginspirasi dan bisa menjadi referensi kita bersama.