Cara Membuka Head Cover Honda Vario 125

Rekan-rekan Motor Expose, meski sudah beberapa kali melepas body cover Honda Vario 125, giliran membuka head cover alias bagian kepala... selalu saja sedikit kesulitan dan hati-hati dalam melakukannya lantaran lupa cara membuka yang tepat agar tidak ada penahan yang patah. Bagi rekan-rekan yang belum pernah melakoninya, yuk... kita bahas lebih dalam agar lebih jelas.


Pada bagian head cover Honda Vario 125 terdapat beberapa penahan, yup... biasanya juga dikenal dengan nok. Pada prinsipnya sebagai penahan agar head cover bagian depan bisa mendekap erat dengan bagian belakangnya.

Seperti gambar diatas, terdapat lubang tempat nok dimasukkan saat pemasangan. Jadi saat membuka, bisa dengan cara mengungkitnya sedikit demi sedikit dengan hati-hati. Tapi ada satu nok ukuran besar yang berbeda dengan lainnya, biar lebih jelas perhatian lagi gambar berikut.

Nok besar terdapat pada bagian tengah head cover, perhatikan bagian ini saat ingin melepasnya. Jangan sampai patah karena akan membuat head cover tidak terpasang dengan baik lagi setelah dilepas, jadi... kudu sedikit hati-hati. Walah... ujung-ujungnya kok seperti mengajari, hehe (^_^)

Sekedar berbagi, rekan-rekan... tidak bermaksud untuk menggurui. Semua ini berdasarkan pengalaman yang sering kesulitan juga dalam melepas head cover Honda Vario 125 meski sudah beberapa kali melakukannya. Semoga saja semua ini bisa menjadi referensi bagi kita bersama juga pengingat sekiranya terjadi keraguan suatu saat nanti.

Sekian rekan-rekan... terus ikuti Motor Expose karena kita akan terus berbagi banyak hal tentang sepeda motor, tidak sebatas airbrush dan pengecatan saja.