Deteksi Honda GL Pro Tidak Bisa Nyala Karena Kiprok Rusak

Rekan-rekan Motor Expose... rekondisi terhadap Honda GL Pro Neo Tech 98 sedang dilakukan bersama rekan sendiri di bengkel. Motor yang sejatinya motor bekas yang baru saja dipinang untuk dijual kembali tiba-tiba saja tidak bisa nyala. Proses deteksi penyebab semua itu ternyata bermasalah pada kiprok. Lha... apa benar kiprok bisa bikin Honda GL Pro tidak bisa nyala?

Kondisi motor yang tidak menggunakan aki pada saat dibeli membuat rekan sendiri khawatir jika yang rusak itu adalah CDI. Pengapian dengan sistem DC pada Honda GL Pro butuh arus yang stabil dari aki. Lalu bagaimana langkah deteksi kerusakan untuk memastikan kerusakan pada komponen kelistrikan sepeda motor ini? Yuuk... kita tuntaskan.


Langkah awal dimulai dari mendeteksi busi, ternyata api tidak ada. Selanjutnya kepala busi dilepas untuk memeriksa kondisi koil. Ternyata arus listrik juga tidak ada, dimana arusnya berasal dari CDI. Maka pengetesan pun dilakukan dengan memeriksa arus yang dikeluarkan CDI menuju kiprok, alhasil... masih nihil.

Lantaran tidak menggunakan aki, arus yang digunakan sebelumnya berasal dari kiprok. Pemeriksaan pun dilakukan dengan mengetes arus yang dikeluarkan dari kiprok. Ternyata untuk pengisian aki sudah tidak berfungsi sementara untuk lampu utama masih bekerja dengan baik.

Agar lebih pasti, arus yang berasal dari spull pengisian pun diperiksa dan ternyata terdapat arus tegangan tinggi yang akan disalurkan ke kiprok. Jadi sudah bisa dipastikan bahwa yang rusak adalah kiprok.

Lantaran masih ada keraguan karena rekan sendiri masih belum paham, akhirnya aki Yamaha Vega ZR yang kebetulan parkir di bengkel pun dicopot untuk memastikan bahwa motor bisa hidup kembali karena yang rusak itu bukan CDI, melainkan Kiprok.

CDI Honda GL Pro yang sejatinya membutuhkan arus DC dari aki sekarang dialiri arus dari aki yang dipinjamkan tanpa terhubung ke kiprok. Alhasil... motor kembali nyala dengan normal bahkan langsamnya stabil. Akhirnya keputusan untuk membeli kiprok baru pun dilakukan dan saat dipasang, motor kembali nyala dengan normal.

Sekian rekan-rekan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama.