Posisi dan Fungsi Bendik Stater Honda Vario 110 Lawas

Rekan-rekan Motor Expose... kali ini bengkel kedatangan tamu, Honda Vario 110 lawas yang bermasalah dengan tidak bisa nyala dan elektrik stater tidak bekerja sebagaimana mestinya. Tapi lantaran selama ini kita belum pernah membahas hal-hal yang berbau teori dasar, mending untuk saat ini kita kupas dulu sekilas tentang posisi dan fungsi bendik stater Honda Vario 110 lawas.


Fungsi bendik stater pada dasarnya sama saja, yaitu untuk menghubungkan dan memutuskan arus dari aki menuju dinamo stater. Lha... kok menghubung dan memutus? Begini, jika hanya untuk menghubung semata, trus nggak bisa memutus... dinamo stater akan muter terus, wkwkwk (^_^)

Trus... untuk Honda Vario 110 lawas, posisi bendik stater ngumpet dibelakang penutup dada depan atau front cover. Hmmm... yang jelas, dengan membuka dua baut yang terdapat untuk dudukan plat nomor kendaraan lalu melepas dua baut dibagian belakang maka tutup dada bisa dilepas.

Keberadaan bendik stater yang dibungkus dalam sarung hitam dan menempel pada dudukannya, tepat didekat aki bagian kiri pada posisi kita berdiri. Dan terdapat 2 buah sekering cadangan pada sarungnya. Jika kita perhatikan dengan seksama maka akan ditemui 4 buah kabel pada soket bendik stater, tapi bagaimana penjelasannya... bakal kita bahas pada sesi berikutnya. Pokoknya, ikuti terus Motor Expose... kita akan terus berbagi banyak hal tentang sepeda motor, tidak sebatas airbrush dan modifikasi saja.

Sekian dulu rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama.