Sekilas tentang parking lock brake Honda Vario 125 CBS

Rekan-rekan Motor Expose, pengalaman memiliki motor matik pernah dirasakan dengan meminang Mio Sporty keluaran 2007... tidak ada fitur parking lock brake sehingga kurang ngeh dengan manfaatnya. Kebetulan beberapa waktu lalu sempat membuka body cover Honda Vario 125 CBS, detil dari part yang tersembunyi dibelakang batok pun terlihat dengan jelas.


Jika dipikir-pikir, sangat ketinggalan sekali untuk membahasnya. Tapi untuk melengkapi referensi kita bersama, ada baiknya kita ekspos supaya makin komplit pembahasan kita tentang sepeda motor. Meski kesibukan dengan pekerjaan bengkel yang berkutat bongkar pasang body motor lintas pabrikan untuk diairbrush mau pun pengecatan ulang, beberapa perkembangan yang terjadi sering luput dari  perhatian dan tidak bisa langsung dibahas bersama rekan-rekan.

Berbeda dengan tipe Vario 110 dan Beat yang tidak menerapkan sistem rem kombinasi, tuas yang terdapat pada tipe CBS ukurannya kecil tapi memiliki kelebihan dari pendahulunya. Jika sebelumnya parking lock brake sedikit susah untuk dioperasikan dengan satu tangan, enaknya dibantu dengan tangan kanan untuk membuat kunci rem saat parkir ini bekerja.

Namun desain baru seperti yang terdapat pada Honda Vario 125 CBS ternyata sangat simple dan mudah difungsikan dengan bantuan satu jari, jadi tangan kanan tidak harus repot untuk membuat rem parkir berfungsi. Walah... mantap. Motor bisa diparkir dengan mudah dalam posisi jalanan yang menanjak tanpa takut mundur sendiri.

Sekian dulu rekan-rekan, seperti judulnya... sekilas saja, sekedar melengkapi pembahasan kita tentang seluk beluk sepeda motor (^_^)