Soket Bendik Stater Honda Vario 110 Lawas

Rekan-rekan Motor Expose... melengkapi pembahasan sebelumnya tentang bendik stater pada Honda Vario 110 lawas yang ditangani di bengkel, kali ini kita bahas tentang soket yang terdapat 4 buah kabel dengan warna yang memiliki arti masing-masing. Bagaimana jelasnya... yuk, kita bahas lebih dalam.


Pada gambar terdapat 4 buah kabel dimana untuk nomor 1 adalah kabel berwarna merah polos, jika kurang yakin... silahkan pelototin kabel pada soket Honda Vario 110 lawas. Sayangnya saat perbaikan, tidak sempat memotret bagian belakang soket (^_^) Tapi intinya, kabel merah polos artinya arus positif berasal dari aki.

Lalu kabel nomor 2 dengan warna merah bergaris putih atau biasa juga dibaca merah strip putih, kabel ini adalah arus positif menuju dinamo stater. Asal arusnya dari arus positif  aki yang dihubungkan oleh bendik stater, dan arusnya akan terputus saat bendik memerintahkan untuk berhenti mengirim arus. Lho kok bisa? Ya...bisa, karena fungsi dari bendik untuk menghubungkan dan memutus arus positif dari aki menuju dinamo stater.

Selanjutnya, kabel nomor 3 dengan warna kabel merah strip hitam, artinya arus positif dari aki setelah kontak. Hmmm... biar nggak bikin pusing, arus ini baru ada setelah kontak nyala... beda dengan kabel merah polos yang arusnya selalu ada dan tidak dipengaruhi oleh kontak.

Kabel hitam garis hitam ini berhubungan dengan kaki bendik stater dan yang satunya lagi kabel nomor 4 dengan warna kabel kuning garis merah. Nah... untuk yang satu ini, sebenarnya ada sedikit keraguan dan bagi yang punya ilmu lebih silahkan tambahkan penjelasan pada kolom kementar di artikel yang dibagikan ke Google Plus. Untuk sementara... kabel ini diartikan sebagai umpan arus negatif atau massa agar bendik bekerja. Kabel kuning strip merah berasal dari CDI.

Walahdalah... kurang akurat kali ini rekan-rekan, tapi setidaknya kita sudah memiliki sedikit catatan untuk dijadikan referensi bersama. Silahkan, bagi yang ingin menambahkan... ditunggu komentar dan penjelasannya di kolom komentar Google+ (^_^)