Cara memperbaiki karet rumah kopling yang aus

Rekan-rekan Motor Expose... salah satu kerusakan pada rumah kopling yaitu ausnya karet rumah kopling lantaran sudah getas setelah sekian lama bekerja meredam hentakan mesin saat akselerasi mau pun deselerasi. Lalu bagaimana cara memperbaiki karet rumah kopling yang aus ? Yuk... kita bahas lebih dalam lagi.


Sesi berbagi pengalaman ini berdasarkan apa yang pernah dilakukan di bengkel terhadap kopling manual Yamaha Jupiter Z sendiri. Rumah kopling yang oblak karena karet peredam sudah tidak padat lagi membuat mesin motor terasa menyentak saat tarikan awal mau pun engine brake. Setelah dideteksi secara detil, penyebabnya terdapat pada karet peredam yang posisinya baru terlihat setelah 3 buah benjolan yang terdapat pada bagian belakang gear... dilepas dengan cara digerinda.

Setelah melepas 3 buah paku keling asli, karet peredam rumah kopling yang aus wajib diganti agar kembali padat sehingga tidak goyang, seperti ada ruang kosong. Dan tak lupa... saat pemasangan kembali, 3 buah paku keling dipukul dengan palu sampai rapat dan padat. Intinya... pemasangan yang benar akan membuat rumah kopling kembali pada kondisi yang seharusnya, yaitu padat dan tidak ada celah kelonggaran.

Sedikit catatan, pada saat pemasangan ulang... bagian plat penutup yang akan dikunci dengan paku keling, tidak boleh terbalik dalam pemasangan. Tandanya adalah tulisan "OUT" bisa dibaca dari sisi luar, jika tidak... tandanya terbalik atau salah pasang (^_^)

Sekian rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama. Ikuti terus Motor Expose, kita akan berbagi  banyak hal seputar seluk beluk sepeda motor dan tidak sebatas modifikasi serta airbrrush saja.