Perlakuan salah terhadap as kick stater

Rekan-rekan Motor Expose... mengatasi masalah tanpa menimbulkan masalah alias berbuntut belakangan hari, sepertinya mutlak untuk dipertimbangkan dalam mencarikan solusi saat terjadi persoalan dengan kendaraan sendiri. Salah satu contoh kejadian yang beberapa waktu lalu sempat ditemui, yaitu perlakuan salah terhadap as kick stater.


Bentuk perlakuan salah yang dimaksud adalah melakukan pengelasan tuas engkol alias tuas kick stater terhadap as kick stater. Yup, cara ini diterapkan si empunya motor untuk mengatasi gigi suri as kick stater yang sudah oblak dan botak.

Jika diprediksi, penyebabnya bisa lantaran lalai saat pemasangan tuas engkol atau tuas kick stater. Posisi belum tepat tapi tetap dipaksa masuk agar terpasang sebagaimana mestinya. Ujung-ujungnya gigi suri yang terdapat pada kedua komponen menjadi oblak.

Penyebab lainnya, gonta ganti tuas engkol tapi memiliki kerapatan gigi suri yang berbeda. Lagi-lagi... aksi main paksa menjadi pemicu kerusakan terhadap as kick stater, tepatnya pada bagian yang berhubungan dengan tuas engkol.

Satu lagi... lupa mengencangkan baut pengunci saat memasang ulang, sehingga pada saat tuas engkol atau kick stater dioperasikan... gigi suri yang masih belum saling mendekap rapat menjadi bergeser dan mengakibatkan  gigi suri rontok, oblak bahkan sampai botak (^_^)

Jadi, memperhatikan hal-hal kecil dalam rangka bongkar pasang part motor sendiri ternyata penting juga demi mencegah kerusakan yang tidak diinginkan. Disamping itu, mengatasi dengan cara yang main gampang sebaiknya juga dipertimbangkan efek sampingnya untuk jangka panjang. Seperti pengelasan tuas engkol terhadap as kick stater untuk mengatasi gigi suri yang oblak... awalnya memang mudah tapi saat ingin bongkar bak kopling bakal ada pekerjaan tambahan yaitu membuka las-lasan yang sudah terlanjur diterapkan.,

Sekian dulu rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama.