Rumah kopling bergerigi dan cara mengatasinya

Rekan-rekan Motor Expose... kebetulan sedang bongkar mesin Yamaha Jupiter Z di bengkel, dalam rangka belah mesin untuk ganti stang piston. Mumpung semua jeroan dipreteli, yuk... kita bahas satu demi satu part yang menjadi pendukung mesin 110 cc. Lantaran komponennya banyak, kita bahas saja secara ringkas dan berkelanjutan. Nah, kita mulai dari rumah kopling yang kebetulan dalam kondisi bergerigi dan ulas cara mengatasinya.


Tanpa bermaksud mengajari rekan-rekan semua... hanya berbagi cerita, siapa tahu bisa menjadi referensi bersama. Yup... lanjut, pada satu sisi tempat alur kampas kopling terlihat bagian yang bergelombang seperti gergaji alias bergerigi. Pada awalnya bagian tersebut rata dan tidak bergelombang sehingga kampas kopling lancar bergerak untuk memutus dan menghubungkan putaran mesin ke roda belakang.

Beberapa hal yang memicu kerusakan sehingga rumah kopling bergerigi, yaitu cara mengoperasikan kopling yang kurang tepat seperti disentak. Lantaran kampas kopling tiba-tiba menghubungkan putaran mesin ke roda belakang dalam kondisi dibebani berat tubuh pengendara, rumah kopling jadi ngalah dan timbul alur yang dalam.

Disisi lain, penggunaan per kopling yang lebih keras dari aslinya juga menjadi pemicu semakin cepatnya keausan yang mengakibatkan rumah kopling bergerigi. Analisanya, per kopling yang keras membuat kampas kopling lebih cepat dan lebih kuat mendekap plat kopling dalam menyalurkan putaran mesin menuju roda belakang. Yup, tentu saja jika dibandingkan dengan kondisi menggunakan per kopling standar, tingkat keausan sedikit lebih besar.

Trus, bagaimana cara mengatasi rumah kopling bergerigi seperti kasus yang kita temui kali ini ? Kerusakan masih bisa diakali dengan meratakan kembali dengan kikir. Penggunaan gerinda sebenarnya tidak diharamkan, tapi sangat beresiko kebablasan dalam meratakan dan membuat bagian yang ingin dikikis menjadi terlalu banyak. Jadi... sebaiknya menggunakan kikir yang berbentuk datar, bukan yang berbentuk bulat. Menggunakan amplas juga bisa, tapi khawatir bisa membuat otot-otot tangan seperti binaragawan... kekar karena terlalu lama menggosok bagian yang ingin dibikin rata kembali (^_^)

Sekian dulu rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama. Jangan lupa terus ikuti Motor Expose, kita akan berusaha melanjutkan semua cerita ini sampai tuntas.