Kampas kopling dengan plat kopling sepeda motor

Rekan-rekan Motor Expose... secara kasat mata, dua benda beda nama dan bahan tapi bekerjasama untuk memutus dan menghubungkan putaran dari poros engkol agar tersalurkan dengan sempurna sampai roda belakang. Trus... apa beda kampas kopling dengan plat kopling pada sepeda motor yang sebaiknya kita ketahui? Yuk... kita kupas lebih dalam lagi.


Pada dasarnya kedua komponen mesin sepeda motor ini bekerja dengan prinsip gesekan, yup... lantaran sering bergesekan maka keausan tidak dapat dihindari. Sekalipun fungsi oli sebagai pelumas yang meminimalisir kerusakan akibat gesekan. Biasanya kampas kopling lebih cepat aus dibandingkan plat kopling lantaran memang sengaja dibuat dari bahan yang berbeda.

Namun keausan pada plat kopling bukan tidak terjadi sama sekali. Hanya saja dalam servis berkala, biasanya hanya kampas kopling yang diganti. Bukan tanpa alasan, semua itu disebabkan ketebalan plat kopling masih dalam batasan toleransi... sehingga dengan mengganti kampas kopling saja maka kinerjanya sudah kembali baik. Namun untuk keausan yang sudah lumayan parah pada plat kopling, tindakan untuk menggantinya juga mutlak dilakukan agar tenaga motor kembali prima.

Hal yang mempercepat keausan pada kampas kopling dan plat kopling yaitu kekeringan pelumas. Jadi kedua komponen yang bergesekan ini menjadi terkikis sehingga ketebalannya berkurang lebih cepat dari yang seharusnya. Yup... kesimpulannya, kampas kopling dan plat kopling sama-sama bisa aus... hanya saja tingkat keausan nya berbeda, begitu juga dengan jadwal penggantian berkalanya.

Sekian rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama.