Modifikasi custom Honda Tiger

Akhirnya tuntas juga, rekan-rekan... pengecatan ulang Honda Tiger yang sudah di modifikasi custom oleh si empunya motor. Pengecatan rangka yang menuntut untuk turun mesin dan mempreteli seluruh bagian motor... baru bisa dirakit kembali setelah cat kering sempurna. Alhasil... menjelang motor serah terima dengan pemiliknya, pemotretan dilakukan untuk dokumentasi pekerjaan bengkel dan kita bagikan untuk referensi bersama.


Bicara soal modifikasi... sebenarnya bagian ini bukan sektor yang dilakoni di bengkel selama ini. Lha... aktivitas bengkel lebih diprioritaskan pada pengecatan dan airbrush, tidak bisa main libas sampai menyentuh bongkar mesin apa lagi modifikasi kelas berat, lantaran menyentuh oli, gemuk dan cairan yang bisa merusak hasil pengecatan saja sudah takut, hehe (^_^)

Pengecatan ulang yang hanya menggunakan 2 warna cat yaitu hitam solid dan grey metalik untuk mesin dan lengan ayun... lumayan mudah dibandingkan airbrush body cover yang membutuhkan waktu lebih lama. Tingkat kesulitan dalam pengerjaan hanya saat menaikkan kembali mesin ke posisinya. Butuh bantuan dan tidak bisa sendiri karena bongkahan mesin harus digendong sendirian... trus memasukin baut gimana lagi? Syukur... bengkel sedang kedatangan rekan yang singgah untuk ngobrol... sembari ngopi bareng, sedikit bantuan pun menuntaskan proses naik mesin.

Sempat mikir tentang sokbreker depan Honda Tiger yang sudah diganti dengan milik Yamaha Byson... sementara tromol dan as roda masih menggunakan bawaan motor, lho... kok bisa ? padahal as roda Honda Tiger kekecilan dan sudah pasti longgar saat dipasang ke sokbreker depan Byson. Ternyata... dibagian lubang sokbreker depan, sudah diakali dengan menggunakan plat yang menyerupai bos agar bisa membuat diameter lubang menjadi sesuai dengan as roda Honda Tiger. Hmmm... boleh juga, nih (^_^)

Sebelum serah terima... motor dicek dan dipastikan sudah terpasang sempurna dan sebagaimana mestinya. Ritual ini wajib dilakukan lantaran pengerjaan pengecatan bukan sekedar ngecat doang, melainkan mempreteli dan merakit kembali. Jadi... kondisi motor harus terjamin aman saat dikembalikan kepada si empunya dan harus hati-hati karena menyangkut keselamatan dan nyawa.

Kesan yang mendalam setelah menuntas pekerjaan bengkel kali ini... yaitu modifikasi custom seperti ini ternyata memberi sensasi dan kepuasan berbeda, jangan-jangan sudah terkena virus modifikasi custom setelah beberapa hari berhubungan dengan motor seperti ini. Walah... tobat... anak dan istri mau bonceng dimana, hehe (^_^)