Alat cuci motor praktis untuk cuci motor sendiri

Rekan-rekan... melengkapi pembahasan kita tentang cuci motor, kebetulan sebuah alat yang memiliki tekanan tinggi alias high pressure ini... bisa dimanfaatkan untuk cuci motor sendiri. Disamping praktis dan hemat air, tekanan yang dihasilkannya bisa mempermudah dalam bersih-bersih. Berikut kita bahas sekilas tentang perangkat yang satu ini.


Sejatinya alat steam yang biasa juga disebut dengan jet cleaner... digunakan untuk kepentingan bersih-bersih rumah, seperti untuk membersihkan lumut dan lantai, dinding dan sebagainya. Tapi disisi lain masih bisa diterapkan untuk cuci motor, padahal jika dilihat pada stiker peringatan yang nempel di cover mesin... tidak dibolehkan untuk mencuci kendaraan dan tidak untuk memandikan binatang peliharaan. Tekanan yang dihasilkan lumayan kuat dan membuat menimbulkan kerusakan serta rasa sakit jika disemprotkan pada bagian tubuh dari jarak dekat.

Hmmm... tapi apakah aman untuk cuci motor? sebenarnya aman jika jarak semprotan diatur agak jauh. Tapi untuk beberapa kasus yang pernah dialami, untuk motor yang sudah dicat ulang terutama pada bagian cover jenis PP... cat rawan rontok. Walah... masa sih??? Benar... cat terkelupas lantaran terlalu dekat menggunakan alat steam. Namun untuk bagian lain tetap aman dan tidak ragu-ragu dalam mencucinya.

Meski tekanan yang dihasilkan sangat kencang... tapi tetap irit air. Berdasarkan pengalaman... lebih kurang hanya menghabiskan 15 liter air. Berkenaan dengan listrik yang terpakai, jika melihat pada kwh yang terpakai... sepertinya tidak menyentuh angka Rp 1.000 dalam satu kali cuci motor sendiri. Soal hitung-hitungan nya... nggak bisa dibahas, ribet dan hanya memicu debat pendapat, hehe (^_^)

Yang pasti... dengan adanya alat cuci motor yang praktis ini, cuci motor sendiri terasa lebih nikmat dan menyenangkan. Walah... sekalian aja buka usaha cuci motor, wkwkwk... (^_^) Sekian dulu rekan-rekan... pada kesempatan yang akan datang, bakal kita kupas lebih dalam lagi.