Gasket kit atau perpak top set Honda Supra untuk Sanex Sierra

Masih berhubungan dengan aktivitas bengkel beberapa hari yang lalu, kali ini kita kupas tentang Gasket kit atau biasa juga disebut dengan perpak top set... dimana aplikasi sebenarnya untuk Honda Supra tapi cocok juga untuk diterapkan pada Sanex Sierra. Trus... apa catatan kecil kali ini ?


Lantaran sulit untuk mendapatkan gasket kit asli, pilihan dijatuhkan untuk menggunakan gasket alternatif agar mesin bisa kembali terpasang dengan baik dan tidak memaksa untuk menggunakan gasket bekas yang kondisi sudah tidak layak lagi. Mengganti perpak top set menjadi hal mutlak dilakukan saat bongkar blok silinder dan head silinder guna menjamin tidak terjadi kegagalan dalam merakit mesin kembali.

Sedikit perbedaan yang menjadi catatan kecil kali ini, ternyata sil klep tidak terdapat dalam paket gasket kit alternatif ini. Akhirnya... kembali lagi ke toko onderdil untuk mendapatkan sepasang sil klep yang nantinya dipasang setelah proses skir klep dan berfungsi untuk menahan oli agar tidak masuk ke dalam ruang bakar.

Yup... untuk merk tertentu, sil klep kadang sudah ada dalam paket gasket kit tapi ada juga yang tidak menyertakan nya. Hanya saja dalam penerapannya di bengkel, meski dalam kemasan sudah terdapat sepasang sil klep... tetap saja sepasang sil klep yang dianggap memiliki kualitas lebih baik dibeli untuk dipasang bersama perpak top set alternatif.

Sekian rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama. Ikuti terus Motor Expose... kita akan terus berbagi pengalaman seputar aktivitas bengkel dan seluk beluk sepeda motor.