Kelebihan sil klep asli Suzuki Smash

Rekan-rekan... melanjutkan bincang-bincang kita seputar dunia bengkel dan sepeda motor dan masih berhubungan dengan pembahasan beberapa waktu yang lalu, kali ini kita kupas tentang sil klep yang berfungsi untuk mencegah masuknya oli atau pelumas ke ruang bakar. Sil klep yang rencananya bakal diaplikasikan pada Sanex Sierra yang sudah pasti lintas merk dan beda pabrikan bukan tanpa alasan karena semua ini mengingat dan menimbang kelebihan dari sil klep asli Suzuki Smash.


Pada pembahasan sebelumnya, dimana gasket top set yang digunakan adalah parts alternatif yang mudah didapat di toko onderdil terdekat... tidak terdapat sil klep dalam kemasannya. Meskipun ada, sepasang sil klep dengan kualitas baik tetap bakal diusahakan demi mencegah kegagalan dalam pasangan mesin kembali karena kualitas sil klep yang kurang bagus, bisa-bisa memicu terjadinya kebocoran lantaran mudah getas dan menimbulkan asap tipis sebab oli manyusup dan masuk ruang bakar.

Trus... dimana letak kelebihan dari sil klep asli Suzuki Smash dibandingkan bawaan motor sebelumnya? Yup... jika diperhatikan secara seksama, pada sil klep asli Suzuki Smash terdapat pegas tambahan dibagian atasnya, sementara pada sil klep Sanex Sierra hanya mengandalkan satu gulungan kawat dibagian bawah sil klep. Disamping itu kualitas bahan sil klep sendiri juga menentukan daya tahannya setelah didera panas mesin dan gesekan dengan batang klep.

Sedikit catatan kecil dalam penerapan sil klep asli Suzuki Smash untuk motor lintas merk dan pabrikan... patokan awal adalah dimensi yang sama dan besar klep yang sama, sehingga penerapan nya tidak bisa untuk semua motor.

Sekian dulu rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama. Terus ikuti Motor Expose... kita akan berbagi banyak hal seputar dunia bengkel dan sepeda motor... tidak sebatas airbrush dan modifikasi saja.