Lem khusus untuk pemasangan gasket

Rekan-rekan Motor Expose... masih berhubungan dengan pembahasan kita beberapa waktu yang lalu tentang gasket atau yang biasa juga dikenal dengan istilah perpak, untuk membantu pemasangannya... lem khusus untuk gasket memiliki peran yang penting dan ada alasan serta tata cara penggunaan yang sebaiknya kita perhatikan saat pemasangan. Apa saja itu...? Yuuk, kita bahas lebih dalam lagi.


Pemasangan gasket atau perpak tanpa menggunakan lem khusus... untuk beberapa bagian mesin, sebenarnya bisa saja diabaikan. Gasket bisa saja dipasang tanpa lem khusus gasket atau diganti dengan lem lainnya. Hanya saja, mengingat fungsinya yang lumayan membantu saat pemasangan disamping meminimalkan kebocoran... alangkah baiknya digunakan agar terhindar dari kegagalan dalam pemasangan komponen mesin. Lagi pula... harganya relatif murah dan tidak merobek dompet.

Namun untuk beberapa kasus yang sering ditemui di bengkel, pemasangan gasket malah menggunakan lem lain yang sebenarnya memang diperuntukkan untuk mencegah kebocoran hanya saja bisa berisiko. Hmmm... ogah sebut merk nih, agar jangan terjadi kesalahpahaman... untuk lem tertentu ada yang memiliki sifat seperti karet elastis setelah kering yang bisa menyumbat saluran oli sekiranya salah dalam pemasangan. Bukan lantaran kualitas lem nya yang jelek... namun kesalahan dalam mengaplikasikan lem tersebut.

Intinya... untuk membantu pemasangan gasket sebaiknya menggunakan lem khusus gasket. Sedikit catatan dalam penggunaannya... cukup tambahkan lem pada salah satu sisi atau bagian gasket dan tidak perlu pada kedua bagian. Tujuannya, agar gasket tidak robek sekiranya suatu saat butuh membuka bagian mesin yang diberi gasket.

Yup, sekian dulu rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama.