Piston Honda Grand oversize 0.50 di blok silinder Sanex Siera

Rekan-rekan... kali ini bengkel kedatangan tamu sosok motor pabrikan China yang awal tahun 2000 sempat menggebrak melalui salah satu produk unggulan nya yaitu Sanex Siera. Bentuk yang mirip dengan Honda Supra dengan kubikasi yang sebelas dua belas alias mirip. Kasus yang dialami adalah kekeringan oli mesin dan piston macet sehingga tidak bisa diengkol atau dislah dengan kick stater. Ujung-ujungnya harus bongkar mesin dan berakhir dengan disumpalnya blok silinder Sanex Siera dengan piston oversize 0.50 milik Honda Grand.


Pada saat dibongkar, ternyata piston masih bawaan standar dan belum pernah bongkar mesin. Walah... entah awet atau terawat, yang pasti mengingat usia pakai yang sudah lumayan lama ternyata kualitasnya tidak bisa diremehkan begitu saja. Setelah dideteksi, keausan yang sudah terjadi pada piston, ring piston dan blok silinder... menuntut langkah perbaikan dengan menaikkan ukuran piston setingkat lebih besar yaitu oversize 0.25.

Sayangnya... stok piston set ukuran segitu lumayan sulit didapat meski sudah beberapa toko onderdil besar dihampiri. Akhirnya nyerah dan memilih untuk menggunakan piston Honda Grand oversize 0.50 asli. Hmmm... ngak masalah, onderdil asli memiliki daya tahan yang baik lantaran kualitasnya yang bagus. Hitung-hitung... dari pada ngotot mencari ukuran 0.25 dan mendapatkan part yang kurang bagus, nantinya bakal cepat aus dan konsumen kurang puas.

Yup, setelah menunggu proses reamer blok silinder dan membeli spare part lainnya seperti gasket top set, lem gasket, oli mesin dan tak lupa sepasang sil klep lantaran klep sebaiknya di skir ulang karena kerak yang sudah menumpuk di ruang bakar membuat klep tidak mendekap dengan sempurna terhadap sittingnya.

Sedikit catatan, aplikasi piston Honda Grand pada Sanex Siera yang berkapasitas sama yaitu 100 cc bisa diterapkan lantaran memiliki dimensi pin piston yang sama. Jadi... langsung klop dengan stang piston bawaan motor. Sekian rekan-rekan.... ikuti terus Motor Expose, kita akan tetap berbagi banyak hal seputar sepeda motor dan semoga bermanfaat serta bisa menjadi referensi kita bersama.