Arah tanda panah saat memasang v-belt

Rekan-rekan... sebuah pertanyaan kritis dilayangkan oleh rekan sendiri saat memasang v-belt matik nya yang putus. Lantaran terdapat tanda panah, rasa ingin tahu dan disertai penjelasan yang meyakinkan sepertinya sangat dibutuhkan nya. Kemana arah tanda panah yang benar saat memasang v-belt motor matik? Biar tuntas... yuk, kita lanjutkan.


Sebagai mekanik yang dipercayakan untuk mengganti v-belt yang putus, sebenarnya panduan pasti dan akurat serta aturan arah tanda panah saat memasang v-belt tidak terdapat pada kemasan barang. Hanya saja berdasarkan pengalaman saat pertama kali memiliki motor matik yaitu Yamaha Mio 2007, motor yang baru saja keluar dealer dan sampai di rumah... langsung di bongkar cover CVT nya.

Alamak... motor gress langsung diutak-atik, hehe... (^_^) Yup, lantaran rasa ingin tahu yang dalam saat itu. Hal pertama kali yang berkesan saat itu adalah tanda panah pada v-belt, dimana arahnya... searah dengan putaran jarum jam. Maksudnya... berlawanan dengan arah putaran puli sendiri. Lho... kok begitu?

Awalnya juga sempat heran dan penuh tanda tanya, sempat berprasangka salah pasang dari sono nya. Tapi setelah beberapa kali membuka cover CVT dan menemukan arah tanda panah pada v-belt memang terpasang searah putaran jarum jam. Tapi alasan kenapa harus searah putaran jarum jam, sebenarnya juga tidak tahu pasti. Namun setidaknya, pedoman dalam pemasangan yang melirik pada motor matik yang belum pernah ganti v-belt... setidaknya cukup membantu dalam pemasangan.

Sekian dulu rekan-rekan... sekiranya ada pembaharuan akan kita lanjutkan pada kesempatan yang akan datang. Tapi bagi rekan-rekan yang ingin menambahkan... mau pun mengoreksi, silahkan tinggalkan komentar melalui artikel yang dibagikan ke halaman Google+ MotorExpose.