SUZUKI SKY DRIVE PUTUS V-BELT

Rekan-rekan... sesi berbagi pengalaman kali ini membahas tentang SUZUKI SKY DRIVE yang mengalami putus V-belt. Kronologisnya... motor baru saja pindah tangan melalui proses jual beli yang sah setelah melihat iklan di internet, proses janjian... ketemuan dan akhirnya deal. Lalu serah terima surat-surat kendaraan dan tak lupa uang sebesar yang disepakati.


Meski sudah melakukan pengetesan sebelum proses jual beli, kondisi v-belt yang ngumpet dalam bak CVT jelas tidak terdeteksi. Lha... nggak afdol rasanya jual beli motor bekas sampai bongkar segala. Hanya saja kondisi mesin yang lumayan halus dan tidak berasap putih alias ngebul...setidaknya sudah bisa memberi keuntungan tersendiri dan kecocokan nomor rangka serta nomor mesin jelas point penting yang diperhatikan dalam pengecekan motor.

Menempuh jarak puluhan kilo lantaran antar kota meski masih dalam satu propinsi, akhirnya gejala ada yang tidak beres pun langsung datang. Tiba-tiba motor tidak bisa lagi diajak meski mesin masih nyala dengan baik. Yup... sudah bisa dipastikan komponen penerus putaran mesin ke roda belakang menjadi penyebabnya. V-belt dipastikan putus dan motor harus ditarik dengan tali karena tidak terdapat bengkel dalam jarak puluhan kilo.

Apesnya... beberapa bengkel yang sempat disinggahi, tidak menaruh V-belt SUZUKI SKY DRIVE. Walah... akhirnya motor sampai juga dirumah dengan cara ditarik menggunakan motor rekan sendiri. Langsung mengambil perkakas bengkel dan bongkar bak CVT... terlihat serpihan dari V-belt dan beberapa lilitan berupa benang turut tergulung pada puli primer mau pun sekunder.

Lantaran sudah sore... upaya perbaikan dilanjutkan esok hari. Setidaknya pengecekan sudah dilakukan dan part yang akan dibeli sudah ada dalam ingatan. Hmmm... sekian dulu rekan-rekan, besok kita tuntaskan. Ikuti terus Motor Expose karena kita akan tetap berusaha untuk berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan dunia bengkel, tidak sebatas airbrush dan modifikasi saja.