Thinner Extra Slow Merk Tigris

Rekan-rekan Motor Expose... kali ini mengupas tentang thinner extra slow merk Tigris yang didapat dari toko cat terdekat dengan bengkel. Isinya lebih kurang 1 galon dimana tujuannya untuk pengecatan rangka dan bak mesin. Hmmm... sebenarnya terlalu banyak untuk media yang akan dicat ulang, hanya saja si empunya motor ngotot dengan thinner yang paling bagus... akhirnya pemilik toko cat langganan bengkel pun menyodorkan pengencer cat tersebut.


Tidak banyak petunjuk yang bisa didapatkan pada kemasan thinner berkenaan cara penggunaan. Hanya beberapa informasi penting yang cukup untuk memperjelas fungsinya, diantaranya bisa diaplikasikan untuk pelarut cat Polyurethane atau clear serta dapat digunakan pada cuaca lembab dan menghasilkan gloss yang sangat bagus.

Cuaca yang kurang mendukung saat pengecatan, hujan dan suhu yang rendah ternyata bisa teratasi dengan menggunakan thinner ini. Pengecatan yang dilakukan didalam ruangan bisa terus dilanjutkan tanpa khawatir dengan udara lembab yang mengandung air dan bisa merusak hasil pengecatan. Maklum... tidak punya ruangan khusus pengecatan dan pengeringan, hanya menggunakan ruangan bengkel yang teduh dari guyuran air hujan lalu dikeringkan secara alami dengan suhu ruangan.

Alhasil... pengecatan berjalan lancar setelah kering sempurna esok hari, tidak terjadi persoalan pada hasil akhir pengecatan. Perbedaan yang terasa saat menggunakan thinner ini dibandingkan merk lain yang pernah dicoba pada kondisi pengecatan lembab yaitu : lapisan clear coat tidak kusam saat menutup cat. Sementara untuk thinner murah, lapisan clear coat menjadi seperti berwarna putih bukannya bening jika memaksa untuk mengecat pada suhu rendah dan udara yang lembab.

Sip... lumayan bisa mempersingkat waktu pengecatan dari pada harus menunggu cuaca bagus dengan suhu yang panas. Bicara harga... thinner extra slow merk Tigris ini bisa ditebus dengan 3 lembar uang lima puluh ribuan dan masih ada kembaliannya, hehe... (^_^)

Yup, sedikit lebih mahal dari thinner yang biasa digunakan dibengkel selama ini hanya saja semua bahan cat disediakan oleh si empunya motor, jadi tidak ngaruh... upah tetap sama, hahaha... (^_^)

Trus... extra slow itu maksudnya apa? Hmmm... waktu keringnya yang lambat, kelebihannya akan terasa saat pengecatan pada suhu udara panas. Lapisan cat maupun clear tidak segera kering sehingga lapisan gloss tidak rusak oleh debu/partikel cat saat menyemprot bagian lain pada bidang yang sama. Bagi yang sering mengecat sendiri, bakal paham beda thinner yang cepat kering dengan lambat kering (^_^)