Kabel Spul Pengapian Yamaha Vega R Putus

Rekan-rekan... berbagi pengalaman kali ini seputar kelistrikan sepeda motor, dimana kabel spul pengapian Yamaha Vega R lawas, putus dan mengakibatkan mesin tidak bisa nyala sama sekali.


Gejala awalnya terdengar suara kasar pada bagian bak magnet, setelah beberapa saat... putaran mesin menjadi ngaco dan tidak langsam dengan baik. Meski masih bisa jalan namun tenaga motor tidak keluar sempurna dan akhirnya mati total.

Sempat dibikin bingung lantaran kejadian ini termasuk jarang ditemui. Langkah awal dalam mencari sumber masalah adalah melepas busi dan mengecek percikan bunga api yang dihasilkan dari spul dan diteruskan ke CDI lalu menuju koil dan sampai ke busi.

Anehnya pada saat pengecekan, bunga api dari busi tidak ada. Hmmm... sepertinya koil yang bermasalah. Namun saat dilakukan dengan cara sederhana yaitu mendekatkan ujung kabel koil ke massa bodi sembari kontak nyala dan motor dislah dengan kick starter... ternyata arus tegangan tinggi terlihat jelas menyambar. Byiuuh... jangan-jangan, busi yang koit?

Keputusan untuk mengganti busi pun diambil dan percikan bunga api tegangan tinggi terlihat normal. Walah... busi, tho... penyebabnya. Namun setelah motor digunakan beberapa saat, kejadian yang sama pun terulang kembali. mesin ngadat dan mati total, tidak ada lagi tanda aliran arus listrik bahkan saat pengecekan kabel yang berasal spul.

Dengan prediksi spul sudah tamat, bak magnet pun dilepas dan ternyata penyebab tidak adanya arus listrik lantaran salah satu kabel dari spul pengapian sudah putus. Lho... kok bisa?

Disini kesimpulan bahwa kejadian ini termasuk jarang ditemui untuk motor harian biasa, spul pengapian Yamaha Vega R lawas yang menganut sistem AC... sudah mendapatkan sentuhan modifikasi dengan membuang spul penerangan dan pengisian. So... spul botak bin plontos dan hanya tersisa spul pengapian yang akan diteruskan ke CDI.


Pemicu putusnya kabel, lantaran kedudukan spul pengapian sudah dilas dan bagian yang terlihat pada gambar diatas... terlepas. Hmmm... ternyata ini lah yang menimbulkan suara kasar sebelumnya, dimana spul pengapian bergesekan dengan magnet dan membuat kabel putus.

Yup... dengan bantuan solder, kabel pun terpasang kembali dan semua komponen yang dibongkar pun dirakit sebagaimana mestinya. Alhasil... motor kembali nyala dengan normal. Walah, beruntung nggak jadi beli spul dimana harganya lumayan menguras kantong, hehe... (^_^)

Sekian dulu rekan-rekan, sesi berbagi pengalaman kali. Terus ikuti Motor Expose... kita akan akan tetap berbagi banyak pengalaman lainnya seputar sepeda motor.