Persiapan pengecatan ulang rangka Kawasaki Ninja 150 R

Rekan-rekan... melanjutkan aktivitas bengkel, kali ini persiapan rangka Kawasaki Ninja 150 R untuk pengecatan ulang. Datang dalam kondisi cat rangka yang sudah pernah dicat ulang dengan warna hijau metalik, sekarang niatnya mau ganti dengan hitam solid dan silver metalik untuk bagian tangki dan body cover.


Yup, segera saja semua dipreteli agar rangka bisa dicat ulang dengan baik. Langkah turun mesin mutlak dilakukan agar pengecatan rangka bisa maksimal. Sedikit pertimbangan dalam sesi pengecatan kali ini, kondisi rangka yang sudah pernah dicat ulang beberapa kali membuat lapisan cat menjadi tebal. Agar tidak berisiko keriput seperti kulit jeruk jika hanya dikerok dengan kertas amplas, sekaleng soda api pun disiapkan untuk merontokkan seluruh cat pada rangka.

Merontokkan cat menggunakan soda api memiliki beberapa keuntungan, diantaranya... waktu pengerjaan bisa lebih cepat dan praktis dibandingkan mengerok dengan kertas amplas. Keuntungan lainnya, resiko kegagalan dalam pengecatan semakin kecil dibandingkan mengerok cat dengan kertas amplas namun tahap pengamplasan tetap dilakukan sebelum rangka dilapisi dengan epoxy filler sebagai dasar.

Trus... bagaimana selanjutnya? Sabar, rekan-rekan... pada sesi selanjutnya akan kita tuntaskan. Ikuti terus Motor Expose karena kita akan terus berbagi pengalaman seputar aktivitas bengkel dan semoga bisa menjadi referensi kita bersama (^_^)