Soda api untuk menghilangkan cat

Rekan-rekan... melanjutkan aktivitas dibengkel dalam rangka pengecatan ulang sasis atau frame Kawasaki Ninja 150 R yang sudah dipreteli, sekarang kita bahas sedikit tentang soda api untuk menghilangkan cat yang akan digunakan sebagai pembantu proses mengerok cat lama.


Soda api atau paint remover yang digunakan kali ini yaitu NEOREVER dan disediakan oleh si empunya motor. Larutan yang berfungsi untuk mengelupas cat ini, menurut keterangan yang terdapat pada bagian belakang kemasan kaleng... efektif untuk menghilangkan berbagai jenis cat tanpa merusak permukaan benda, dimana media yang akan kita pakai adalah rangka motor dan terbuat dari logam.

Soda api NEOREVER dengan berat bersih 1 kg ini, sepertinya cukup untuk mengelupas cat lama pada rangka Kawasaki Ninja yang menjadi target penggunaannya. Berkenaan cara aplikasinya, pada kemasan sudah ditambahkan dibagian belakang dengan jelas. Hanya saja untuk keterangan type # 100 yang terdapat pada bagian depan, hmmm... kurang paham dan tidak bisa ngomong banyak soal yang satu ini, hehe... (^_^)

Lanjut... sedikit gambaran dalam menggunakannya sesuai petunjuk pada kemasan kaleng, hendaknya larutan soda api dituangkan ke wadah plastik keras dan gunakan kuas sebagai alat bantu mengoleskan ke rangka motor. Nah... jika menggunakan wadah plastik lunak seperti botol bekas minuman mineral, maka wadah plastik menjadi lunak bin lembek, wkwkwk (^_^)

Jika terkena kulit, larutan pengelupas cat ini terasa panas namun bisa diatasi segera dengan air. So... memang lebih baik menggunakan pelindung tangan atau sarung tangan agar aman dalam bekerja. Yup, sekian dulu rekan-rekan... semoga bisa menjadi referensi kita bersama.