Skip to main content

Persamaan Klep Yamaha Mio Soul Lawas

Melanjutkan berbagi cerita dan pengalaman, rekan-rekan MotorExpose... intinya tetap sama yaitu siapa tahu bisa bermanfaat dan menjadi referensi kita bersama, terutama bagi rekan yang betul-betul masih tahap awal dalam mendalami dunia bengkel sepeda motor. Kali ini kita bahas tentang persamaan klep Yamaha Mio Soul.

Kronologinya begini... sebuah panggilan datang dari rekan sendiri yang mengalami motornya mati mendadak saat berangkat kerja. Takut terlambat, akhirnya dia memutuskan untuk minta motornya dijemput dan langsung ditinggal pergi.

Terpaksa motornya ditarik dengan bantuan seorang teman agar bisa sampai ke bengkel. Setelah dicoba untuk menyalakan dengan cara biasa, tidak ada tanda-tanda kehidupan... pengecekan terus dilakukan dan prediksi sementara lantaran terjadi kebocoran kompresi.

Akhirnya berujung dengan bongkar head silinder dan terlihat jelas bahwa klep buang dalam posisi terbuka dan tidak bisa lagi menutup rapat lantaran bengkok. Artinya kita butuh klep baru agar bisa mengembalikan motor pada kondisi semula.

Sore hari si empunya motor datang membawakan sepasang klep, lengkap dengan penjelasan yang panjang lebar. Kenapa? lantaran awalnya klep yang diinginkan adalah klep asli tapi sedang tidak tersedia di toko langganan nya maka terpaksa menggunakan merk Aspira.

Dibelakang kemasan produk terdapat keterangan bahwa klep bisa digunakan untuk Honda Grand, Supra / Supra X. Lha... motornya Yamaha Mio Soul lawas ?!! Yup. ternyata tidak ada masalah lantaran persamaan klep Yamaha Mio Soul memang itu, dengan lebar payung klep yang sama, panjang klep juga sama dan besar batang klep juga.

Tanpa keraguan lagi, klep ini dipasang tanpa ada masalah. Akhirnya, kebocoran kompresi pun teratasi dan motor pun kembali nyala dengan mudah dan baik. Kesimpulannya... cocok untuk persamaan klep Yamaha Mio Soul lawas.

Sekian dulu rekan-rekan... sesi berbagi cerita dan pengalaman kita kali ini, tetap ikuti MotorExpose blog karena kita akan terus berbagi banyak hal seputar dunia bengkel dan sepeda motor.